RPP K13 Kelas 6 Revisi 2018 Tema 5 Wirausaha - Guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, berkewajiban merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Bahkan dalam permendikbud No 22 tahun 2016 secara tegas dijelaskan bahwa setiap pendidik (guru) pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak guru tidak menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Faktor penyebab guru tidak menyusun RPP antara lain tidak memahami dengan benar bagaimana prinsip-prinsip penyusunan RPP serta apa pentingnya RPP disusun. Untuk itu pada postingan ini Admin akan memberikan contoh atau referensi RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 5 Wirausaha.
RPP Kelas 6 K13 Tema 5 merupakan Tema yang sudah di revisi tahun 2018 dan sudah memuat 3 Subtema kegiatan Pembiasaan Literasi serta terdiri dari 6 Pembelajaran. adapun Subtema dari Tema Selamatkan Makhluk Hidup tersebut diantaranya:
- RPP K13 Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan
- RPP K13 Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 Usaha Di Sekitarku
- RPP K13 Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 Ayo, Belajar Berwirausaha
RPP Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : dapodikbangkalan.netKelas /Semester : 6 / 1 (Satu )
Tema 5 : Wirausaha
Subtema 1 : Kerja Keras Berbuah Kesuksesan
Pembelajaran ke- : 1
Alokasi Waktu : 6 X 35 menit (1 kali pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran,kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup,dsb.)
4.6 Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota,pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya.
Indikator
Mengidentifikasi berbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain)
Menyajikan hasil pengamatan tentang berbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain)
IPA
Kompetensi Dasar (KD) :
3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
Membedakan macam-macam magnet
Menyajikan hasil eksplorasi tentang macam-macam magnet
IPS
Kompetensi Dasar (KD) :
3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik,sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik,sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
Indikator
Mengidentifikasi posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN
Menuliskan laporan tentang posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN
RPP Kelas 6 K13 Revisi 2018 Tema 5 Wirausaha
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan membaca teks tentang “Pengalaman Belajar dari Negara-negara ASEAN”, siswa mampu mengidentifikasi posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci.
- Dengan membaca teks tentang “Pengalaman Belajar dari Negara-negara ASEAN” dan mencari informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menuliskan laporan tentang posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci.
- Dengan mengamati gambar, bereksplorasi, dan berdiskusi, siswa mampu membedakan macam-macam magnet secara benar.
- Dengan mengamati gambar, bereksplorasi, dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan hasil eksplorasi tentang macam-macam magnet secara benar.
- Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain) secara cermat.
- Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan hasil pengamatan tentang berbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain) secara cermat.
D. Media dan Alat Pembelajaran
Tambahan gambar tentang prinsip kerja sel surya.
Buku teks siswa Tema 5 : Wirausaha
Buku teks guru. Tema 5 : Wirausaha
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 6, Tema 5: WirausahaBuku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2018). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
File Dokumen RPP Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 5 bisa bapak ibu guru unduh secara gratis melalui link yang sudah admin siapkan di bawah ini.
RPP Kelas 6 Semester 1 K13 Revisi 2018 Tema 5 Wirausaha
RPP K13 Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 - Klik di Sini
RPP K13 Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 - Klik di Sini
RPP K13 Kelas 6 Tema 5 Kegiatan Literasi - Klik di Sini
Demikian yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.
Posting Komentar Blogger Facebook