MODUL 2 BAHASA INDONESIA
Kegiatan Belajar 4 : Pembelajaran Tematik Terpadu dan Penilaian Autentik Kompetensi Abad 21
A. metode eja
B. metode kata
C. metode kalimat
D. metode steinberg
E. metode suku kata
2. Pendekatan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi
A. pendekatan whole language
B. pendekatan komunikatif
C. pendekatan tematik integrative
D. pendekatan konstruktivisme
E. pendekatan integrated
3. Kelebihan pendekatan whole language tertera di bawah ini, kecuali:
A. melibatkan berbagai komponen kebahasaan
B. melibatkan berbagai pakar bidang kebudayaan
C. melibatkan lingkungan dan pengalaman nyata yang dialami anak-anak
D. penyampaian menyeluruh dan melibatkan berbagai disiplin ilmu
E. melibatkan berbagai komponen keterampilan berbahasa
4. Salah satu metode pembelajaran berbicara di sekolah dasar yang menuntut siswa untuk mengenal dan dapat menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan yang diperankannya adalah metode
A. bermain peran
B. percakapan
C. wawancara
D. bercerita
E. reka cerita bergambar
5. Pendekatan dalam pembelajaran menulis yang penekanannya bergesar dari produk pada proses apa yang dipikir dan ditulis siswa merupakan pendekatan
A. writing process
B. pendekatan komunikatif
C. pendekatan keterampilan proses
D. pendekatan konstruktivisme
E. pendekatan saintifik
6. Di bawah ini salah satu persiapan membaca permulaan, kecuali
A. cara duduk siswa
B. cara membuka buku
C. mengatur jarak ke buku
D. melatih cara membaca dari kiri ke kanan
E. melatih cara menggerakkan pensil dari kiri dan kanan
7. Ciri pendekatan whole language tertera di bawah ini, kecuali
A. konseptual
B. lintas bidang studi
C. menyeluruh
D. bermakna
E. fungsional
8. Dalam pembelajaran di SD guru langsung menggunakan bahasa pengantar Bahasa Indonesia sedangkan muridnya dari berbagai latar belakang bahasa ibu. Guru tersebut menggunakan metode pembelajaran
A. terjemahan
B. tata bahasa
C. tidak langsung
D. alamiah
E. langsung
9. Karangan yang berdasarkan urutan waktu, peristiwa atau kejadian tergolong jenis karangan
A. eksposisi
B. persuasi
C. deskripsi
D. narasi
E. argumentasi
10. Kegiatan membaca yang mempunyai tujuan utama untuk memahami isi pesan yang terdapat dalam bacaan termasuk ke dalam jenis membaca
A. pemahaman
B. intensif
C. permulaan
D. nyaring
E. memindai
Kegiatan Belajar 4 : Pembelajaran Tematik Terpadu dan Penilaian Autentik Kompetensi Abad 21
Jawaban Soal Formatif KB 4 Bahasa Indonesia
File Jawaban FORMATIF M 2 KB 4
Unduh
1. Salah satu metode membaca permulaan yang berfokus pada pengenalan kata bermakna, fungsional, bertahap, dan konstekstual adalahA. metode eja
B. metode kata
C. metode kalimat
D. metode steinberg
E. metode suku kata
2. Pendekatan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi
A. pendekatan whole language
B. pendekatan komunikatif
C. pendekatan tematik integrative
D. pendekatan konstruktivisme
E. pendekatan integrated
3. Kelebihan pendekatan whole language tertera di bawah ini, kecuali:
A. melibatkan berbagai komponen kebahasaan
B. melibatkan berbagai pakar bidang kebudayaan
C. melibatkan lingkungan dan pengalaman nyata yang dialami anak-anak
D. penyampaian menyeluruh dan melibatkan berbagai disiplin ilmu
E. melibatkan berbagai komponen keterampilan berbahasa
4. Salah satu metode pembelajaran berbicara di sekolah dasar yang menuntut siswa untuk mengenal dan dapat menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan yang diperankannya adalah metode
A. bermain peran
B. percakapan
C. wawancara
D. bercerita
E. reka cerita bergambar
5. Pendekatan dalam pembelajaran menulis yang penekanannya bergesar dari produk pada proses apa yang dipikir dan ditulis siswa merupakan pendekatan
A. writing process
B. pendekatan komunikatif
C. pendekatan keterampilan proses
D. pendekatan konstruktivisme
E. pendekatan saintifik
6. Di bawah ini salah satu persiapan membaca permulaan, kecuali
A. cara duduk siswa
B. cara membuka buku
C. mengatur jarak ke buku
D. melatih cara membaca dari kiri ke kanan
E. melatih cara menggerakkan pensil dari kiri dan kanan
7. Ciri pendekatan whole language tertera di bawah ini, kecuali
A. konseptual
B. lintas bidang studi
C. menyeluruh
D. bermakna
E. fungsional
8. Dalam pembelajaran di SD guru langsung menggunakan bahasa pengantar Bahasa Indonesia sedangkan muridnya dari berbagai latar belakang bahasa ibu. Guru tersebut menggunakan metode pembelajaran
A. terjemahan
B. tata bahasa
C. tidak langsung
D. alamiah
E. langsung
9. Karangan yang berdasarkan urutan waktu, peristiwa atau kejadian tergolong jenis karangan
A. eksposisi
B. persuasi
C. deskripsi
D. narasi
E. argumentasi
10. Kegiatan membaca yang mempunyai tujuan utama untuk memahami isi pesan yang terdapat dalam bacaan termasuk ke dalam jenis membaca
A. pemahaman
B. intensif
C. permulaan
D. nyaring
E. memindai
Jawaban Formatif dan Sumatif Lengkap Modul 1 sampai Modul 6 bisa dibaca di tautan berikut :
Posting Komentar Blogger Facebook