PROFESIONAL
Modul 1 : TEMATIK
KB 4 : Pembelajaran Tematik Terpadu dan Penilaian Autentik Kompetensi Abad 21
1. Menurut Kurikulum 2013 ranah yang paling banyak diajarkan untuk siswa SD adalah …..
Question 1 (1 point)
Berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik bertujuan untuk ....
memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan
Question 2 (1 point)
Berikut yang merupakan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik yang memfasilitasi berkembangnya untuk kecakapan abad 21 dan berpikir tingkat tinggi pada fase mengamati adalah ...
Memfasilitasi siswa untuk menemukan fokus, ide pokok, pesan, dan makna dari fenomena alam atau teks.
Question 3 (1 point)
Dalam pembelajaran di Kelas V SD Indonesia Berkarya dengan tema hidup rukun, guru menjabarkan menjadi subtema, yaitu tempat hidup, fungsi, dan manfaat hidup rukun. Siswa dibagi menjadi lima kelompok. Setiap kelompok "menyelidiki" satu subtema dalam rentang waktu sekitar 30 menit. Setiap siswa diberi kebebasan untuk mencari sumber-sumber belajar yang diperlukan. Masing-masing kelompok membuat laporan dan memresentasikannya di depan kelas. Dalam pembelajaran tersebut, prinsip pembelajaran tematik yang belum nampak adalah ....
pemberian umpan balik
Question 4 (1 point)
Keinginan untuk mencari tahu melalui proses analisis berpikir sistemik dan evaluasi terhadap suatu keadaan untuk membuat keputusan melalui ide, bukti, alasan, dan informasi dalam upaya menyelesaikan masalah merupakan merupakan definisi salah satu kompetensi abad 21, yaitu ....
Berpikir kreatif
Question 5 (1 point)
Keterpaduan materi pembelajaran dalam pembelajaran tematik terpadu dapat dilakukan dalam satu mata pelajaran dari beberapa mata pelajaran yang terkait pada tema pembelajaran dengan mengaitkan beberapa konsep yang saling berhubungan. Model pembelajaran terpadu yang sesuai dengan keadaan di atas adalah model ....
connected
Question 6 (1 point)
Langkah-langkah perencanaan pembelajaran tematik terpadu yang harus dilaksanakan oleh guru pada kurikulum 2013 adalah ….
menganalisis buku guru dan buku siswa, melakukan analisis materi pembelajaran, memetakan KD, memetakan IPK, mengembangkan bahan ajar, dan menyusun RPP
Question 7 (1 point)
Pembelajaran tematik terpadu bersifat luwes. Guru dapat mengaitkan materi dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, bahkan mengaitkannya dengan keadaan lingkungan di mana sekolah dan siswa berada. Pernyataan tersebut sesuai dengan prinsip pembelajaran tematik terpadu, yaitu ....
fleksibel
Question 8 (1 point)
Pengertian kompetensi dasar menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 adalah ....
kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti
Question 9 (1 point)
Salah satu alat penilaian sikap adalah penilaian diri (self assesment), kegiatan yang dilakukan adalah ….
meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi
Question 10 (1 point)
Seorang guru kelas II SD akan menilai laporan hasil identifikasi benda-benda yang dikenal siswa dan kegunaannya melalui pengamatan. Guru tersebut perlu menyusun kriteria kunci untuk menilai laporan siswa, banyaknya siswa adalah 50 orang. Manakah kriteria kunci yang menunjukkan siswa telah mencapai apa yang diharapkan?
Ketepatan penulisan nama benda dan kegunaannya dan kerapian tulisan.
Modul 1 : TEMATIK
KB 4 : Pembelajaran Tematik Terpadu dan Penilaian Autentik Kompetensi Abad 21
MODUL 1 TEMATIK
TUGAS FORMATIF KB 4
SOAL MODEL 1
A. Keterampilan
B. Sikap
C. Pengetahuan
D. Pengetahaun yang seimbangdenganketerampilan.
2. Yang merupakan penguatan tata kelola dalam kurikulum 2013 adalah …..
A. Sekolah memiliki full authority dan responsibility dalam menetapkan kurikulum
B. Pemberdayaan sekolah dan satuan pendidikan dengan memberikan otonomi yang lebih besar
C. Satuan pendidikan dan guru diberikan kewenangan menyusun silabus
D. Satuan pendidikan dan guru tidak diberikan kewenangan menyusun silabus, tetapi disusun pada tingkat nasional
3. Pendekatan saintifik untuk komponen mengamati dalam pembelajaran tematik …..
A. Peserta didik mendengarkan suara – suara hewan
B. Peserta didik membandingkan hewan peliharaan dengan hewan liar
C. Peserta didik mengidentifikasi jenis hewan peliharaan
D. pesertadidikberceritatentanghewanpeliharaannya
4. Pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik disebut…..
A. Model Pembelajaran
B. Pembelajaran Bermakna
C. Tematik Terpadu
D. PembelajaranTerpadu
5. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan BSNP. Tujuan Umum KTSP adalah …..
A. Memberi ide tentang pengembangan kurikulum yang diletakan pada posisi yang paling dekatdengan pembelajaran, yakni sekolah dan satuan pendidikan.
B. Sekolah dan komite sekolah mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan
C. Menciptakan paradigm baru pengembangan kurikulum, yang otonomi luas pada setiap satuan pendidikan, dan pelibatan pendidikan masyarakat dalam rangka mengefektifkan proses belajar-mengajar di sekolah.
D. Memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada lembaga pendidikan dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum.
6. Model Pembelajaran yang menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui, masalah yang diperhadapkan kepada peserta didik semacam masalah yang direkayasa oleh guru adalah model….
A. Discovery Learning
B. Learning by Doing
C. Project Base Learning
D. Problem Base Learning
7. Pembelajaran yang mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan menggunakan pengetahuan peserta didik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP, adalah konsep dari …..
A. Pembelajaran Interaktif
B. PembelajaranTidakLangsung
C. Pembelajaran tematik
D. Pembelajaran Langsung
8. Dalam perjalanan sejarah sejak tahun 1945, kurikulum pendidikan di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan dan penyempurnaan, Kurikulum yang lahir tahun 2004 disebut juga dengan …..
A. Kurikulum Berbasis Kompetensi / KBK
B. Kurikulum Rencana Pendidikan
C. Kurikulum Rencana Pelajaran Terurai
D. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan / KTSP
9. Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan KD Mendeskripsikan perkembangan makhluk hidup adalah …..
A. Siswa menyebutkan jenis-jenis penyerbukan pada tumbuhan
B. Siswa membuat poster tentang bagian-bagian bunga
C. Siswa membuat laporan pengamatan perkembangbiakan tumbuhan
D. Siswa menceritakan perkembang biakan tumbuhan
10. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena / informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan, Merupakan kegiatan dalam pendekatan saintifik berupa …..
A. mengamati (observing)
B. mengomunikasikan (communicating)
C. mengasosiasi/mengolah Informasi (associating)
D. mengumpulkan informasi/mencoba (experimenting)
SOAL MODEL 2
Question 1 (1 point)
Berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik bertujuan untuk ....
memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan
Question 2 (1 point)
Berikut yang merupakan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik yang memfasilitasi berkembangnya untuk kecakapan abad 21 dan berpikir tingkat tinggi pada fase mengamati adalah ...
Memfasilitasi siswa untuk menemukan fokus, ide pokok, pesan, dan makna dari fenomena alam atau teks.
Question 3 (1 point)
Dalam pembelajaran di Kelas V SD Indonesia Berkarya dengan tema hidup rukun, guru menjabarkan menjadi subtema, yaitu tempat hidup, fungsi, dan manfaat hidup rukun. Siswa dibagi menjadi lima kelompok. Setiap kelompok "menyelidiki" satu subtema dalam rentang waktu sekitar 30 menit. Setiap siswa diberi kebebasan untuk mencari sumber-sumber belajar yang diperlukan. Masing-masing kelompok membuat laporan dan memresentasikannya di depan kelas. Dalam pembelajaran tersebut, prinsip pembelajaran tematik yang belum nampak adalah ....
pemberian umpan balik
Question 4 (1 point)
Keinginan untuk mencari tahu melalui proses analisis berpikir sistemik dan evaluasi terhadap suatu keadaan untuk membuat keputusan melalui ide, bukti, alasan, dan informasi dalam upaya menyelesaikan masalah merupakan merupakan definisi salah satu kompetensi abad 21, yaitu ....
Berpikir kreatif
Question 5 (1 point)
Keterpaduan materi pembelajaran dalam pembelajaran tematik terpadu dapat dilakukan dalam satu mata pelajaran dari beberapa mata pelajaran yang terkait pada tema pembelajaran dengan mengaitkan beberapa konsep yang saling berhubungan. Model pembelajaran terpadu yang sesuai dengan keadaan di atas adalah model ....
connected
Question 6 (1 point)
Langkah-langkah perencanaan pembelajaran tematik terpadu yang harus dilaksanakan oleh guru pada kurikulum 2013 adalah ….
menganalisis buku guru dan buku siswa, melakukan analisis materi pembelajaran, memetakan KD, memetakan IPK, mengembangkan bahan ajar, dan menyusun RPP
Question 7 (1 point)
Pembelajaran tematik terpadu bersifat luwes. Guru dapat mengaitkan materi dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, bahkan mengaitkannya dengan keadaan lingkungan di mana sekolah dan siswa berada. Pernyataan tersebut sesuai dengan prinsip pembelajaran tematik terpadu, yaitu ....
fleksibel
Question 8 (1 point)
Pengertian kompetensi dasar menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 adalah ....
kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti
Question 9 (1 point)
Salah satu alat penilaian sikap adalah penilaian diri (self assesment), kegiatan yang dilakukan adalah ….
meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi
Question 10 (1 point)
Seorang guru kelas II SD akan menilai laporan hasil identifikasi benda-benda yang dikenal siswa dan kegunaannya melalui pengamatan. Guru tersebut perlu menyusun kriteria kunci untuk menilai laporan siswa, banyaknya siswa adalah 50 orang. Manakah kriteria kunci yang menunjukkan siswa telah mencapai apa yang diharapkan?
Ketepatan penulisan nama benda dan kegunaannya dan kerapian tulisan.
Kunci Jawaban FORMATIF M1 KB 4 PPG
Unduh
Jawaban Formatif dan Sumatif Lengkap Modul 1 sampai Modul 6 bisa dibaca di tautan berikut :
Posting Komentar Blogger Facebook