RPP K13 Kelas 6 Revisi 2018 Tema 3 Tokoh dan Penemuan - Setiap Guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, berkewajiban merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Bahkan dalam permendikbud No 22 tahun 2016 secara tegas dijelaskan bahwa setiap pendidik (guru) pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak guru tidak menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Faktor penyebab guru tidak menyusun RPP antara lain tidak memahami dengan benar bagaimana prinsip-prinsip penyusunan RPP serta apa pentingnya RPP disusun. Untuk itu pada postingan ini Admin akan memberikan contoh atau referensi RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 3 Tokoh dan Penemuan.
RPP Kelas 6 K13 Tema 3 merupakan Tema yang sudah di revisi tahun 2018 dan sudah memuat 3 Subtema kegiatan Pembiasaan Literasi serta terdiri dari 6 Pembelajaran. adapun Subtema dari Tema Selamatkan Makhluk Hidup tersebut diantaranya:
- RPP K13 Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia
- RPP K13 Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya
- RPP K13 Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Ayo, Menjadi Penemu
RPP Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : dapodikbangkalan.netKelas /Semester : 6 / 1 (Satu )
Tema 3 : Tokoh dan Penemuan
Subtema 1 : Penemu yang Mengubah Dunia
Pembelajaran ke- : 1
Alokasi Waktu : 6 X 35 menit (1 kali pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
Indikator
Menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi
Mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi
IPA
Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Mengidentifikasi komponenkomponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel
Indikator
Mengidentifikasi komponenkomponen listrik dan fungsinya
Menyajikan hasil pengamatan tentang komponen-komponen listrik dalam rangkaian listrik sederhana
IPS
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
Indikator
Mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat
Melaporkan perubahan sosial budaya masyarakat
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah dunia dengan mandiri.
2. Setelah membaca, siswa mampu mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah dunia dengan peta pikiran yang tepat.
3. Dengan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi komponenkomponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana dengan tepat.
4. Setelah pengamatan, siswa mampu menyajikan hasil pengamatan tentang komponen-komponen listrik dalam rangkaian listrik sederhana dan fungsinya dengan tepat.
5. Dengan mengamati dan melakukan wawancara, siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat atas ditemukannya listrik dengan tepat.
6. Dengan mengamati dan melakukan wawancara, siswa mampu melaporkan perubahan sosial budaya masyarakat dengan ditemukannya listrik dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis..
D. Media dan Alat Pembelajaran
- Lampu senter untuk kegiatan IPA
- Narasumber: guru-guru, staf sekolah, dan pegawai sekolah lainnya untuk
- kegiatan IPS
- Buku teks siswa Tema 3: Tokoh dan Penemuan
- Buku teks guru. Tema 3: Tokoh dan Penemuan
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 6, Tema 3: Tokoh dan PenemuanBuku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2018). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
File Dokumen RPP Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 Tema 3 bisa bapak ibu guru unduh secara gratis melalui link yang sudah admin siapkan di bawah ini.
RPP Kelas 6 Semester 1 K13 Revisi 2018 Tema 3 Tokoh dan Penemuan
RPP K13 Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 - Klik di Sini
RPP K13 Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 - Klik di Sini
RPP K13 Kelas 6 Tema 3 Kegiatan Literasi - Klik di Sini
Demikian yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.
Posting Komentar Blogger Facebook