0
Jawaban Soal Test sumatiff Modul 2 Bahasa Indonesia

Jawaban Soal Test Sumatif Modul 2 / M2 Bahasa Indonesia

SUMATIF MODUL 2 BAHASA INDONESIA
NILAI 100

File Jawaban Sumatif M2

Unduh

Quiz
Top of Form
Question 1 (4 points)

Saved
Pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan konsep pemerolehan bahasa adalah......
Question 1 options:
Bahasa dikuasai secara tidak sadar dalam lingkungan keluarga
Question 2 (4 points)

Saved
Di Indonesia orang menyebut "air" untuk menunjuk pada sebuah benda yang bersifat cair, bisa direbus, bisa dipakai untuk mandi dan mencuci. Namun, di Inggris orang menyebutnya "water", sedangkan di Saudi Arabia orang menyebutkan "ma'an". Orang Jawa punya sebutan lain lagi, yakni "banyu". Sementara Orang Sunda menyebutnya "cai". Hal itu membuktikan bahwa ...
Question 2 options:
bahasa itu unik

Question 3 (3 points)

Saved
Seorang siswa kelas I diminta gurunya untuk menulis cotoh-contoh kalimat majemuk berdasarkan gambar yang ada di papan tulis. Hal ini menandakan guru tersebut tidak memahami karakteristik perkembangan ...siswa
Question 3 options:
bahasa

Question 4 (3 points)

Saved
Pernyataan berikut ini yang termasuk ragam bahasa dalam surat keputusan resmi adalah…
Question 4 options:
berdasarkan surat keputusan dekan nomor 15/UP/J36.1.1/2003, setiap kegiatanmahasiswa harus diketahui oleh dosen kurikulum.
Question 5 (4 points)

Saved
Susunan kalimat "Apa kabar?" tidak bisa diubah menjadi "Kabar apa?". Hal itu membuktikan bahwa ...
Question 5 options:

bahasa itu sistem.

Question 6 (4 points)

Saved
Unsur bahasa itu terbatas, tetapi dengan unsur terbatas itu dapat dibuat satuan bahasa yang tidak terbatas walaupun bersifat relatif, sesuai dengan sistem yang berlaku dalam bahasa itu. Contoh dari huruf p, a, l, u dapat dibentuk kata palu, lupa, dan pula. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa bahasa itu bersifat …
Question 6 options:

produktif

Question 7 (3 points)

Saved
"Anak mampu memahami struktur cerita secara simbolik melalui bahasa, permainan dan gambar, demikian pula anak memahami alur atau hubungan yang ada dalam cerita". Ciri-ciri tersebut menggambarkan perkembangan sastra anak pada usia  ....
Question 7 options:
usia 2-7 tahun

Question 8 (4 points)

Saved
Bagi anak-anak usia SD, sastra memberi sumbangan positif untuk proses perkembangan anak, di bawah ini manfaat sastra untuk anak-anak SD adalah....
Question 8 options:

sastra anak dapat dimanfaatkan untuk menanamkan nilai-nilai etik dalam kehidupan sehari-hari

Question 9 (4 points)

Saved
Buku bergambar berperan sangat penting dalam pembelajaran sastra anak terutama untuk anak-anak TK dan SD kelas awal. Di bawah ini bukan merupakan pentingnya buku bergambar dalam pembelajaran sastra anak adalah....
Question 9 options:


melalui gambar siswa mengalami kesulitan memahami alur cerita
Question 10 (3 points)

Saved
Ciri pendekatan whole language tertera di bawah ini, kecuali
Question 10 options:
lintas bidang studi

Question 11 (4 points)

Saved
Ciri ragam semi ilmiah adalah sebagai berikut, kecuali
Question 11 options:
kalimatnya efektif dan baku

Question 12 (4 points)

Saved
Dalam pembelajaran di SD, guru langsung menggunakan bahasa pengantar Bahasa Indonesia sedangkan muridnya dari berbagai latar belakang bahasa ibu. Guru tersebut menggunakan metode pembelajaran
Question 12 options:


langsung

Question 13 (3 points)

Saved
Dapat mengetahui karakter orang lain, bakat, emosi, dan kadar intelektuitas merupakan salah satu fungsi bahasa sebagai …
Question 13 options:

sebagai sarana dalam memahami orang lain
Question 14 (3 points)

Saved
Kalimat majemuk bertingkat terdapat pada kalimat ...
Question 14 options:

Akibat virus SARS mewabah, kegiatan pariwisata terganggu

Question 15 (4 points)

Saved
Jenis sastra yang harus diajarkan pada siswa SD tercantum di bawah ini, kecuali....
Question 15 options:
roman

Question 16 (4 points)

Saved
Kehidupan itu seperti pedati yang berputar. Pada suatu saat, seseorang berasa di atas dan pada saat lain kita berada di bawah. Ketika di atas hidup itu terasa enak dan menyenangkan. Ketika di bawah hidup itu terasa sesak dan menyedihkan. Paragraf di atas dikembangkan dengan pola ...
Question 16 options:
analogi

Question 17 (3 points)

Saved
Kelebihan pendekatan whole language tertera di bawah ini, kecuali
Question 17 options:
melibatkan berbagai pakar bidang kebudayaan

Question 18 (3 points)

Saved
Keterampilan yang dituntut dalam membaca nyaring adalah ...
Question 18 options:
menguasai tanda-tanda baca

Question 19 (3 points)

Saved
Pendekatan dalam pembelajaran menulis yang penekanannya bergeser dari produk pada proses apa yang dipikir dan ditulis siswa merupakan pendekatan
Question 19 options:
writing process

Question 20 (3 points)

Saved
Pendekatan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi
Question 20 options:
pendekatan komunikatif

Question 21 (3 points)

Saved
Pengajaran apresiasi sastra yang mengarahkan siswa pada kegiatan menuangkan ide, gagasan, dan perasaan imajinatif merupakan....
Question 21 options:
apresiasi sastra reseptif


Question 22 (3 points)

Saved
Penulisan kata depan di yang benar terdapat pada kalimat ...
Question 22 options:
Dimana kita akan bertemu?

Question 23 (3 points)

Saved
Salah satu metode membaca permulaan yang berfokus pada pengenalan kata bermakna, fungsional, bertahap, dan konstekstual adalah
Question 23 options:

metode steinberg

Question 24 (3 points)

Saved
Salah satu metode pembelajaran berbicara di sekolah dasar yang menuntut siswa untuk mengenal dan dapat menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan yang diperankannya adalah metode
Question 24 options:
bermain peran


Question 25 (3 points)

Saved
Sudah sejak lama masyarakat Indonesia memiliki keanekaragaman sumber pangan selain beras. Misalnya, sagu makanan pokok masyarakat Maluku dan sekitarnya, jagung makanan pokok masyarakat Madura, serta singkong, talas, dan sederet bahan pangan lain sebagai makanan pokok bagi sekelompok suku bangsa tertentu. Ubi jalar juga termasuk sumber pangan masyarakat Indonesia.
Ide pokok paragraf tersebut adalah....
Question 25 options:

Masyarakat Indonesia memiliki keanekaragaman sumber pangan


Question 26 (3 points)

Saved
Sastra anak meliputi semua jenis penulisan kreatif dan imajinatif yang khusus untuk dibaca dan menghibur anak-anak sehingga bahasa yang digunakan harus diperhatikan. Bahasa yang digunakan sebaiknya memperhatikan hal berikut ini, kecuali....
Question 26 options:


perkembangan globalisasi dunia dan perkembangan bahasa gaul

Question 27 (3 points)

Saved
"Suami istri itu sedang berbelanja" kata-kata yang bercetak miring pada kalimat di atas tergolong frase ....
Question 27 options:
endosentrik atributif


Question 28 (3 points)

Saved
Cermatilah puisi karya W. S. Rendra berikut.
Betapa dinginnya air sungai
Dinginnya! Dinginnya!
Betapa dinginnya daging duka
Yang membaluti tulang-tulangku.
Citraan yang dominan pada puisi tersebut adalah….
Question 28 options:
perabaan

Question 29 (3 points)

Saved
a. Sekian dan terima kasih.
b. Yang terhormat Bapak/Ibu Guru serta rekan-rekan Kelas VI yang sangat saya cintai.
c. Bumi ini semakin tua. Bencana dapat terjadi di mana saja. Setahun yang lalu, gempa bumi menimpa Jogjakarta bagian selatan.
d. Pertama-tama, marilah kita selalu bersyukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita sehingga pada hari ini masih diberi kesehatan.
e. Menghadapi bencana yang terkadang di luar perkiraan, satu kuncinya, marilah kita menyerahkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Urutan teks pidato yang runtut adalah ....
....
Question 29 options:
2 – 4 – 3 – 5 – 1

Question 30 (3 points)

Saved
Pahami kalimat berikut ini! Kami sedang mendengarkan nasihat Pak Guru. Kakak membeli lima pack mineral untuk acara arisan di rumah. Huruf yang bercetak miring pada kalimat tersebut memiliki hubungan makna
Question 30 options:
homofon





Jawaban Formatif dan Sumatif Lengkap Modul 1 sampai Modul 6 bisa dibaca di tautan berikut : 

Posting Komentar Blogger

 
Top