RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 8 Praja Muda Karana - Halo Sahabat DapodikBangkalan.NET dimanapun anda berada. Untuk postingan kali ini Admin akan membagikan file Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang biasa disingkat RPP guna mempersiapkan dan melengkapi administrasi rekan-rekan pendidik semua dalam menyambut Semester 2 di tahun pelajaran berjalan.
Perangkat pembelajaran wajib dimiliki oleh guru, karena mengajar tanpa menggunakan perangkat pembelajaran mengakibatkan guru tidak memiliki arah dan pedoman pembelajaran yang jelas. Perangkat pembelajaran berfungsi sebagai rambu-rambu bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran di kelas. Pentingnya RPP K13 Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018 dalam pelaksanaan proses Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah, terutama bagi para Guru Sekolah Dasar yang diwajibkan sudah harus mempersiapkan kelengkapan perangkat tersebut yang terangkum ke dalam Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013.
Adapun RPP Kelas 3 K13 8 Praja Muda Karana ini merupakan Tema yang sudah di revisi tahun 2018 ini sudah memuat 4 Subtema dan 6 Pembelajaran. adapun Subtema dari Tema Praja Muda Karana tersebut diantaranya:
- RPP K13 Kelas 3 Tema 8 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka
- RPP K13 Kelas 3 Tema 8 Subtema 2 Aku Anak Mandiri
- RPP K13 Kelas 3 Tema 8 Subtema 3 Aku Suka Bertualang
- RPP K13 Kelas 3 Tema 8 Subtema 4 Aku Suka Berkarya
Berikut contoh RPP Tematik Kelas 3 Tema 8 Subtema 2 Aku Anak Mandiri Pembelajaran ke 5
Kelas / Semester : III /Genap
Tema 8 : Praja Muda Karana
Sub Tema 2 : Aku Anak Mandiri
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, PPkn
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga, serta cinta tanah air.
- Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
- Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia | ||
---|---|---|
No | Kompetensi | Indikator |
3.9 | Mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual | 3.9.1. Menjelaskan maksud dari lambang/ simbol pramuka dari teks yang dibaca dengan benar |
4.9 | Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif | 4.9.1. Menceritakan pengalaman mengamalkan makna simbol Pramuka berdasarkan pengalaman dan hasil pengamatan di sekitar sekolah/rumah dengan benar |
Muatan : Matematika | ||
No | Kompetensi | Indikator |
3.12 | Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki | 3.12.1. Mengidentifikasi perbedaan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya dengan benar |
4.12 | Mengelompokkan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki | 4.12.1. Memberi contoh bangun datar dengan sifat-sifat tertentu melalui gambar dengan benar. |
Muatan : PPKn | ||
No | Kompetensi | Indikator |
1.1 | Menerima simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa di rumah | 1.1.1. Menjelaskan simbol-simbol sila Pancasila yang ada di dalam gambar tameng pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar. |
2.1 | Menerima sikap sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” di rumah | 3.1.1. Menceritakan gambar dan simbol apa saja yang terdapat pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar |
3.1 | Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” | 3.3.1. Mengetahui keragaman makanan yang disukai oleh setiap orang |
4.1 | Menceritakan arti gambar pada lambang negara | 4.2.1. Mengidentifikasi bagian bagian dari lambang negara Garuda Pancasila |
- Setelah membaca teks, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol pramuka dengan benar.
- Setelah membaca teks, siswa dapat menceritakan makna simbol-simbol pramuka dengan benar.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya dengan benar.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat memberi contoh bangun datar dengan sifat-sifat tertentu melalui gambar dengan benar.
- Setelah membaca, siswa dapat menjelaskan simbol-simbol sila Pancasila dengan benar.
- Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan perilaku sehari-hari yang sesuai dengan arti simbol-simbol sila Pancasila dengan benar.
D. MATERI
1. Contoh Bangun Datar
2. Menjelaskan Simbol-simbol Pancasila
3. Jenis Simbol Lambang Pramuka
RPP Kelas 3 Semester 2 K13 Revisi 2018 Tema 8 Praja Muda Karana (Pramuka)
RPP K13 Kelas 3 Tema 8 Subtema 1 - Klik di SiniRPP K13 Kelas 3 Tema 8 Subtema 2 - Klik di Sini
RPP K13 Kelas 3 Tema 8 Subtema 3 - Klik di Sini
RPP K13 Kelas 3 Tema 8 Subtema 4 - Klik di Sini
Demikian Informasi tentang RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 8 Semester 2 yang dapat admin bagikan. Perlu diketahui, admin dapodik bangkalan akan selalu mengupdate info-info maupun file terbaru yang berhubungan dengan pendidikan. untuk itu pantau terus website DAPODIK BANGKALAN.
Jika mengalami kesulitan dalam mengunduh file di website ini, silahkan simak panduannya melalui link berikut: Cara Unduh
Jika mengalami kesulitan dalam mengunduh file di website ini, silahkan simak panduannya melalui link berikut: Cara Unduh
Posting Komentar Blogger Facebook