0
RPP Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tema 7 Kepemimpinan
Masih seputar File RPP K13. Administrasi Pembelajaran selanjutnya yang admin Dapodik Bangkalan Bagikan adalah RPP untuk kelas 6  SD/MI Tema 7 Kepemimpinan Kurikulum 2013 yang sudah mengalami revisi tahun 2018. Semoga File yang admin bagikan di bawah ini dapat bermanfaaat bagi rekan-rekan sekalian.

Dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bapak/Ibu haruslah mengikuti aturan sesuai dengan Kurikulum 2013. diataranya adalah: memuat PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramunya. Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di dalam pembelajaran. Sedangkan karakter yang harus diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Mengintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill). Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang.

Adapun Subtema yang terdapat di RPP Kelas VI Tema 7 Semester 2 K13 Revisi 2018 meliputi:
  • RPP K13 Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Pemimpin di Sekitarku
  • RPP K13 Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pemimpin Idolaku
  • RPP K13 Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Ayo Memimpin
  • RPP K13 Kelas 6 Tema 7 Kegiatan Pembiasan Literasi

Berikut Contoh RPP Revisi 2018 Kelas 6 Kurikulum 2013 Tema 7 Subtema 2 Pemimpin Idolaku Pembelajaran 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 

Satuan Pendidikan : SDN DapodikBangkalan.NET
Kelas / Semester : VI (Enam) / 2
Tema 7 : Kepemimpinan
Sub Tema 2 : Pemimpin Idolaku
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari 
Hari / Tgl Pelaksanaan :  .............. / ....................

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia
NO Kompetensi Dasar Indikator
1 3.3 Menggali isi teks pidato yang didengar dan
dibaca.
3.3.1 Memahami terampil membuat
rancangan pidato.
2 4.3 Menyampaikan pidato hasil karya pribadi
dengan menggunakan kosakata baku dan
kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri.
4.3.1 Membuat rancangan pidato
PPKn
NO Kompetensi Dasar Indikator
1 1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai
satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
1.1.1 Memahami nilai-nilai persatuan
dan kerakyatan dalam kehidupan
dengan benar.
2 2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-
hari.
2.1.1 Melaksanakan contoh-contoh
penerapan nilai-nilai kerakyatan
dengan benar.
3 3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.1 Mengidentifikasi nilai-nilai persatuan
dan kerakyatan dalam kehidupan dengan
benar.
4 4.1 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-
hari.
4.1.1 Menuliskan contoh-contoh penerapan
nilai-nilai kerakyatan dengan benar.
Ilmu Pengetahuan Sosial
NO Kompetensi Dasar Indikator
1 3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia
dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik,
sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan
dalam lingkup ASEAN.
3.3.1 Menjelaskan peran Indonesia dalam
bidang sosial di ASEAN dengan benar.
2 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan
peran Indonesia dalam kerja sama di bidang
ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan
pendidikan dalam lingkup ASEAN.
4.3.1 Mengidentifikasi peran Indonesia
dalam bidang sosial di ASEAN dengan
benar.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai persatuan dan kerakyatan dalam kehidupan dengan benar.
  2. Melalui kegiatan mengamati dan penugasan, siswa mampu menuliskan contoh-contoh penerapan nilai-nilai kerakyatan dengan benar.
  3. Melalui kegiatan penugasan, siswa mampu mengidentifikasi peran Indonesia dalam bidang sosial di ASEAN dengan benar.
  4. Melalui kegiatan penugasan, siswa terampil membuat rancangan pidato.
Karakter siswa yang diharapkan   :
Bahasa Indonesia dan PPKn: Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, Integritas
IPS :

File Dokumen RPP K13 untuk Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan selengkapnya bisa rekan-rekan unduh secara GRATIS melalui link di bawah ini

RPP K13 Kelas 6 Tema 7 Subtema 1 Pemimpin di Sekitarku -> di sini
RPP K13 Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pemimpin Idolaku -> di sini
RPP K13 Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Ayo Memimpin-> di sini
RPP K13 Kelas 6 Tema 7 Subtema 4 Kegiatan Pembiasan Literasi -> di sini

Demikian Informasi tentang RPP Kelas 6 K13 Revisi 2018 Tema 7 Kepemimpinan yang dapat admin bagikan. Admin dapodik bangkalan akan selalu mengupdate info-info maupun file terbaru yang berhubungan dengan pendidikan. untuk itu pantau terus website DAPODIK BANGKALAN.

Jika mengalami kesulitan dalam mengunduh file di website ini, silahkan simak panduannya melalui link berikut: Cara Unduh

Posting Komentar Blogger

 
Top