Masih seputar administrasi Kelas 6, kali ini admin dapodikbangkalan akan membagikan 2 file berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Silabus Kurikulum 2013/K13 yang sudah disesuaikan dengan revisi 2018. Silabus dan RPP ini khusus untuk Semester 2 Tema 7 yaitu Kepemimpinan.
Baik RPP dan Silabus SD Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini sudah sesuai dengan acuan kurikulum yang berlaku diantaranya HOTS, Literasi, 4C dan yang lain seperti yang sudah Bapak/Ibu Guru ketahui bersama.
Adapun dokumen RPP dan Silabus kelas VI K13 Revisi 2018 Tema 7 ini meliputi 3 subtema yaitu:
- Subtema 1 Pemimpin di Sekitarku
- Subtema 2 Pemimpin Idolaku
- Subtema 3 Ayo Memimpin
SILABUS TEMATIK KELAS VI
Tema 7 : KepemimpinanSubtema 1 : Pemimpin di Sekitarku
KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Dan Berikut contoh RPP Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan Subtema 2 Pemimpin Idolaku
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN DapodikBangkalan.NET
Kelas / Semester : VI (Enam) / 2
Tema 7 : Kepemimpinan
Sub Tema 2 : Pemimpin Idolaku
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Sub Tema 2 : Pemimpin Idolaku
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan : .............. / ....................
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia | ||
---|---|---|
NO | Kompetensi Dasar | Indikator |
1 | 3.3 Menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca. | 3.3.1 Memahami terampil membuat rancangan pidato. |
2 | 4.3 Menyampaikan pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri. | 4.3.1 Membuat rancangan pidato |
PPKn | ||
NO | Kompetensi Dasar | Indikator |
1 | 1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. | 1.1.1 Memahami nilai-nilai persatuan dan kerakyatan dalam kehidupan dengan benar. |
2 | 2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari- hari. | 2.1.1 Melaksanakan contoh-contoh penerapan nilai-nilai kerakyatan dengan benar. |
3 | 3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. | 3.1.1 Mengidentifikasi nilai-nilai persatuan dan kerakyatan dalam kehidupan dengan benar. |
4 | 4.1 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari- hari. | 4.1.1 Menuliskan contoh-contoh penerapan nilai-nilai kerakyatan dengan benar. |
Ilmu Pengetahuan Sosial | ||
NO | Kompetensi Dasar | Indikator |
1 | 3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. | 3.3.1 Menjelaskan peran Indonesia dalam bidang sosial di ASEAN dengan benar. |
2 | 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. | 4.3.1 Mengidentifikasi peran Indonesia dalam bidang sosial di ASEAN dengan benar. |
Format File RPP beserta Silabus K13 Revisi 2018 Kelas 6 ini menggunakan Microsoft Word (DOC), Jadi tentu bisa bapak/ibu guru edit kembali atau di sesuaikan dengan lingkungan tempat anda mengajar. Beriikut RPP dan SIlabus K 13 Revisi 2018 Tema 7 Kepemimpinan Semester 2 bisa di unduh secara GRATIS melalui link yang sudah saya siapkan di bawah ini.
Silabus Kelas 6 K13 Revisi 2018 Tema 7 Kepemimpinan
Silabus Subtema 1 Pemimpin di Sekitarku - Klik di sini
Silabus Subtema 2 Pemimpin Idolaku - Klik di sini
Silabus Subtema 3 Ayo Memimpin - Klik di sini
Posting Komentar Blogger Facebook